Puding Telor Ceplok Ekonomis Untuk Jualan

Puding telor ceplok merupakan salah satu makanan yang unik dan enak kepunyaannya orang indonesia. Makanan ini kenal dan juga sangat nikmat. Kalau diberikan pada anak kecil pasti langsung pada suka. Kemudian tak cuma itu saja makanan ini disukai sekali orang dewasa dan juga anak muda yang kebanyakaan gaul.

Puding telor ceplok sendiri sekarang sudah banyak ditemukan di indonesia. Awalnya sih masih jarang, namun karena memang diakui akan kelezatannya makanya sekarang ini puding telor ceplok ini sekarang banyak buat sehingga kita kalau mau makan tinggal beli dan mudah sekali.

Meskipun namanya itu puding telor ceplok namun dalam pembuatannya itu tak pakai sedikitpun telor mau telur ayam, bebek maupun telur lainnya semuanya tak digunakan sama sekali. Penamaan ini sendiri disesuaikan dengan bentuknya yang memang mirip dengan telor ceplok.

Untuk membuat resep ini terbilang cukup mudah. Berikut resep puding telor ceplok ekonomis yang berasal dari situs buletinresep yang mana sudah kami modifikasi sendiri bahan-bahan yang ada. Silahkan dibaca.

Resep Puding Telor Ceplok

Bahan pertama :

4 bungkus agar-agar bubuk warna kuning ( mau swallow, nutrijell atau yang lain terserah, sesuai selera saja)

Larutan susu bubuk ( dari 1 sendok makan susu bubuk dilarutkan dengan air panas secukupnya)

1600 ml air bersih

200 gram gula pasir halus

12 tetes pewarna makanan warna kuning

Bahan kedua :

4 bungkus agar-agar bubuk warna putih ( mau swallow, nutrijell atau yang lain terserah, sesuai selera saja)

2 kaleng susu kental manis

3200 ml air bersih

16 sendok gula pasir putih

Alat penting:

Panci

Kompor

Cetakan apem

Cup plastik

Cara membuat puding telor ceplok :

Pertama kita buat bagian yang kuning, caranya masukkan agar-agar bubuk, pewarna kuning, gula pasir serta air kedalam satu buah panci rebus.

Setelah itu masak / rebus dengan menggunakan api sedang sampai mendidih sambil di aduk – aduk perlahan.

Jika sudah, matikan api sebelum diangkat masukkan larutan susu bubuk dan aduk sampai merata.

Kemudian tuangkan adonan agar-agar ke dalam cetakan apem. Menuangnya jangan sampai penuh, cukup setengah bagian saja supaya hasilnya nanti tipis mirip dengan kuning telur. Diamkan sampai dingin dan mengeras ( lakukan sampai selesai ). Sisihkan dahulu

OK, berikutnya buat bagian yang putih, caranya : Masukkan agar-agar bubuk, gula pasir serta air kedalam panci. Lalu rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk perlahan.

Matikan apinya, lalu sebelum diangkat masukkan susu kental manis dan aduk-aduk lagi sampai merata.

Siapkan cup plastik berbentuk bulat lalu isi dengan adonan agar-agar putih. Diamkan sampai setengah mengeras ( beku ).

Ambil agar-agar kuning yang sebelumnya sudah dibuat dan letakkan diatas agar-agar putih. Lakukan sampai semuanya selesai. Dan tinggal diamkan saja sampai benar-benar mengeras ( beku). Puding telor ceplok enak dan kenyal serta ekonomis pun siap untuk dinikmati.

Demikian info mengenai resep dan cara membuat puding telor ceplok enak dan sedap. Baca juga resep cara membuat kulit martabak.

Tinggalkan komentar